Sebab Pengampunan Dosa
Dari Anas bin Mâlik رضي الله عنه , beliau berkata: Aku telah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, “Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman, ‘Wahai, anak Adam! Sungguh selama engkau berdoa kapada-Ku dan berharap kepada-Ku, niscaya Aku ampuni semua dosa yang ada padamu, dan Aku tidak peduli. Wahai, anak Adam! Seandainya dosa-dosamu sampai setinggi awan di langit, kemudian engkau memohon ampunan kepada-Ku, niscaya Aku ampuni dan Aku tidak peduli. Wahai, anak Adam! Seandainya engkau menemui-Ku dengan membawa kesalahan sepenuh bumi, kemudian menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan Aku sedikit pun, tentulah Aku akan memberikan pengampunan sepenuh bumi’.”
Takhrij Hadist 1
Hadits ini diriwayatkan dari dua sahabat Rasulullah ﷺ , yaitu Anas bin Mâlik z dan Abu Dzar al-Ghifâri z .
Hadits Anas bin Mâlik z diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi dalam Sunan-nya no. 3540 (dalam Tuhfah 9/487-488), dan Imam at-Tirmidzi رحمه الله menilainya sebagai hadits hasan. Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albâni رحمه الله menyatakan, para perawinya (hadits Anas) tsiqah, kecuali Katsîr bin Fâ‘id yang hanya direkomendasikan oleh Ibnu Hibbân رحمه الله .
Dalam kitab at-Taqrîb, Ibnu Hajar رحمه الله menyebut Katsîr bin Fâ‘id hanyalah perawi yang maqbûl.2 Namun hadits ini hasan sebagaimana pendapat Imam at-Tirmidzi, karena memiliki hadits penguat dari sahabat lainnya, yaitu hadits Abu Dzar al-Ghifâri z .
Hadits Abu Dzar al-Ghifâri z diriwayatkan oleh ad-Dârimi dalam Sunan-nya (2/322) dan Ahmad bin Hambal رحمه الله dalam Musnad-nya (5/172). Adapun al-Hâkim رحمه الله dalam al-Mustadrak (4/241) meriwayatkan hadits ini secara ringkas, dan adz-Dzahabi رحمه الله menyetujuinya.
Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albâni رحمه الله juga menyatakan, ada hadits dari sahabat lainnya yang menguatkan hadits-hadits di atas. Yaitu sebagaimana diriwayatkan ath-Thabrâni رحمه الله di dalam kitab Mu’jam, dari Ibnu ‘Abbas c dan sudah ditakhrij dalam kitab ar-Raudh an-Nadhîr (432). Syaikh al-Albani رحمه الله memasukkan hadits ini ke dalam kitab Shahîh Sunan at-Tirmidzi. Sedangkan hadits Ibnu ‘Abbas c ini diriwayatkan ath-Thabrani رحمه الله dalam Mu’jamul-Kabîr no. 12346 dan Mu’jamush-Shaghîr no. 820. Wallahu a’lam.
Mufradat Hadits
- Pernyataan إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِيْ , bermakna selama kamu berdoa dan berharap kepada-Ku.
- Pernyataan غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ , bermakna Aku memberi ampunan atas semua kemaksiatan walaupun berulang-ulang dan banyak.
- Pernyataan وَلَا أُبَالِي , bermakna Aku tidak meremehkan permohonan ampunanmu kepadaKu, walaupun dosa yang engkau miliki besar atau banyak. Sedangkan Imam ath-Thibi رحمه الله memberi makna, tanpa dengan menanyakan apa yang ia kerjakan.
- Pernyataan عَنَانَ السَّمَاءِ, bermakna awan. Tetapi ada juga yang menyatakan, maknanya adalah semua yang menutupi langit atau yang tampak bagimu dari langit apabila engkau mengangkat kepala ke langit.
- Pernyataan بِقُرَابِ الأَرْضِ, bermakna yang hampir sepenuh bumi.
- Pernyataan لَقِيْتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا, bermakna meninggal dalam keadaan bertauhid.
Faidah Hadist
Setiap orang pasti berbuat salah, dan betapa banyak kesalahan dan dosa yang diperbuat anak keturunan Adam. Seandainya Allah سبحانه وتعالى membalas dengan keadilan-Nya, niscaya setiap dosa dan kesalahan manusia tidak ada yang selamat dari siksaan-Nya. Namun rahmat Allah سبحانه وتعالى sangat luas meliputi seluruh makhluk-Nya.
Di antara wujud rahmat Allah سبحانه وتعالى tersebut, yaitu pengampunan dosa dan kesalahan yang diperbuat hamba-hamba-Nya. Dalam hadits yang mulia ini, Rasulullah ﷺ menjelaskan ada tiga faktor yang menjadi penyebab dosa manusia mendapat ampunan.
Faktor pertama, yaitu doa dengan mengharap ampunan Allah سبحانه وتعالى .
Sebagimana dijelaskan dalam sabda beliau ﷺ :
Wahai, anak Adam! Sungguh selama engkau berdoa kapada-Ku dan berharap kepada-Ku, niscaya Aku ampuni semua dosa yang ada pada engkau, dan Aku tidak peduli.
Doa dengan mengharap ampunan Allah سبحانه وتعالى diperintahkan dan dijanjikan akan dikabulkan, sebagaimana firman Allah سبحانه وتعالى :
Dan Rabbmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu”. (Qs Ghâfir/ 40:60).
Juga dijelaskan dalam hadits an-Nu’mân bin Basyir c , ia mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:
“Do’a itu adalah ibadah,” kemudian beliau ﷺ membaca firman Allah: Dan Rabbmu berfirman: ‘Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina’.” (Qs Ghâfir/40:60).
Bahkan Rasulullah ﷺ menjelaskan doa seorang muslim itu mustajab, sebagaimana sabda beliau ﷺ :
“Tidak ada seorang muslim di muka bumi ini berdoa kepada Allah dengan sebuah doa, kecuali Allah mengabulkannya, atau diselamatkan dari kejelekan seperti itu selama tidak berdoa dengan amalan dosa atau memutus kekerabatan”. Seorang dari kaum berkata: “Kalau begitu kita perbanyak,” Rasulullah ﷺ menjawab: “Allah lebih banyak lagi (mengabulkannya)”.4
Demikianlah, Allah سبحانه وتعالى menganugerahkan rahmat-Nya kepada hamba yang berdoa memohon untuk dipenuhi kebutuhannya berupa masalah duniawi, lalu Allah سبحانه وتعالى alihkan darinya dan menggantinya dengan yang lebih baik. Terkadang dengan diselamatkan dari keburukan, atau dijadikan sebagai simpanan bagi dirinya di akhirat. Atau Allah سبحانه وتعالى mengampuni dosanya dengan doa tersebut. Telah dijelaskan oleh Rasulullah ﷺ dalam sabda beliau:
“Tidak ada seorang muslim yang berdoa dengan satu doa yang tidak ada amalan dosa dan memutus tali kekerabatan, kecuali Allah memberikan salah satu dari tiga hal. Adakalanya doanya segera dikabulkan, atau dijadikan sebagai simpanan untuknya di akhirat, atau ia diselamatkan dari keburukan yang semisalnya”. Mereka berkata: “Jika begitu, kami akan memperbanyak (untuk berdoa)?” Beliau ﷺ menjawab: “Allah lebih banyak lagi (mengabulkannya)”. 5
Kesimpulannya, berdoa memohon ampunan dengan berharap kepada Allah سبحانه وتعالى menjadi penyebab seseorang itu mendapat ampunan Allah سبحانه وتعالى , walaupun dosanya sangat besar, sebab ampunan Allah سبحانه وتعالى lebih besar lagi. Oleh karena itu, Rasulullah ﷺ memerintahkan kita untuk meminta semua kebutuhan kepada Allah سبحانه وتعالى , seperti sabda beliau ﷺ :
Apabila salah seorang dari kalian berdoa, jangan mengatakan, “wahai Allah, ampunilah aku jika Engkau suka,” namun bersungguh-sungguhlah dalam meminta, dan mintalah yang terbaik. Karena benar-benar tidak ada sesuatu yang berat untuk Allah berikan. 6
Semua dosa hamba itu masih kecil dibandingkan dengan ampunan Allah k . Oleh karena itu ada yang berkata:
(Wahai, Rabbku! Walaupun dosaku sangat besar, namun aku yakin bahwa ampunan-Mu lebih besar lagi).
(Bila tidak berharap kepada-Mu kecuali orang yang baik, maka orang jahat berdoa dan memohon kepada siapa?)
(Aku hanya memiliki wasilah harapan dan ampunan-Mu yang indah, kemudian sesungguhnya aku seorang yang berserah diri).
Faktor kedua, yaitu istighfar.
Sebagaimana dijelaskan dalam sabda beliau ﷺ :
Wahai, anak Adam! seandainya dosa-dosamu sampai setinggi awan di langit, kemudian engkau memohon ampunan kepada-Ku, niscaya Aku ampuni dan Aku tidak peduli.
Hadits ini menjelaskan, bahwa istighfar menjadi salah satu faktor dosa-dosa terampuni, walaupun dosa tersebut setinggi awan di langit atau sepanjang mata memandang. Pengertian ini didukung dengan hadits lainnya yang berbunyi:
Seandainya kalian melakukan kesalahan hingga kesalahan kalian memenuhi antara langit dan bumi, kemudian kalian memohon ampunan (istighfar) kepada Allah k , tentu Allah سبحانه وتعالى akan mengampuni kalian.7
Pengertian Istighfar.
Kata استغْفَرَ (istighfar), dalam bahasa Arab bermakna meminta maghfirah (طَلَبُ الْمَغْفِرَة). Dan المَغْفِرَة, memiliki makna perlindungan dari keburukan dosa, atau penghapusan dari dosa, dan menggantikannya.
Pengampunan dosa ada dua jenis.
- Penghapusan, sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ :
Bertakwalah kepada Allah di manapun engkau berada, dan iringinlah kejelekan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapusnya, dan pergaulilah manusia dengan akhlak mulia.
- Penggantian, sebagaimana firman Allah سبحانه وتعالى :
(kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal shalih; maka kejahatan mereka itu diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Mahapengampun lagi Mahapenyayang). –Qs al-Furqân/25 ayat 70- dan inilah yang disebut dengan tingkatan maghfirah (ampunan).
Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah رحمه الله berkata: “Kataالإستغفَارَ dalam bahasa Arab mempunyai makna meminta maghfirah ( طَلَبُ المَغْفِرَةِ). Dan kata المغْفِرَة, bermakna perlindungan dari kejelekan dosa.
Kata al-maghfirah ( المغفرة ) mempunyai makna tambahan dari kata السَّتْرُ, karena kataالمَغْفِرَة bermakna perlindungan dari kejelekan dosa, sehingga seorang hamba tidak disiksa lagi. Orang yang diampuni dosanya tidak akan disiksa. Sedangkan jika sekedar ditutupi (dosa tersebut), maka masih ada kemungkinan disiksa dalam batin, dan orang yang masih disiksa dalam batin atau lahiriahnya, berarti ia belum diampuni.8
Jenis Istighfar.
Jenis istighfar yang terbaik, ialah memulainya dengan memuji Allah سبحانه وتعالى , kemudian mengakui dosa, kemudian memohon ampunan kepada Allah سبحانه وتعالى . Demikianlah yang disampaikan dalam hadits Syaddad bin ‘Aus z yang berbunyi:
Dari Nabi ﷺ , beliau berkata: “Sayyidul-istighfar, yaitu ucapan ‘Wahai Allah, Engkaulah Rabbku yang tiada sesembahan yang benar kecuali Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hambu-Mu, dan berada di atas perjanjian dan janji-Mu semampuku. Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kejelekan perbuatanku. Aku mengakui semua kenikmatan yang Engkau anugerahkan kepadaku dan mengakui dosaku, maka ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosaku kecuali Engkau’.” (HR Imam al-Bukhâri).
Ada beberapa jenis istighfar yang diajarkan Nabi ﷺ selain di atas, di antaranya sebagai berikut.
- Ucapan أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ, sebagaimana tersebut dalam sabda beliau ﷺ : مَنْ قَالَ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ غُفِرَ اَهُ وَإِنْ كَانَ فَرَّ مِنْ الزَّحْفِ ) رَواه أبو داود والترمذي
Barang siapa yang mengucapkan: “Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada sesembahan yang benar kecuali Dia yang Maha Hidup dan Maha Qayyum, dan aku bertaubat kepada-Nya,” maka Allah akan mengampuninya walaupun dosa karena melarikan diri dari medan perang. 9
- U c a p a ﷺ رَبِّ اغْفِرْلِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُوْرُ, sebagaimana disebutkan dalam hadits Ibnu ‘Umar c yang berbunyi: كَانَ يُعَدُّ لِرَسُوْلِ اللَّهِ ﷺ فِيْ الْمَجْلِسِ الْوَاحِدِ مِائَةُ مَرَّةٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَقُومَ : (رَبِّ اغْفِرْلِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُوْرُ) رواه أبُو دَاود والترمذي وأحمد.
Sebelum bangkit dalam sebuah majlis, dihitung sebanyak seratus kali Rasulullah ﷺ (mengatakan) “Wahai, Rabbku! Ampunilah aku dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha penerima taubat lagi Mahapengampun”. 10
Dengan demikian jelaslah, bahwa istighfar menjadi obat penawar dosa. Oleh karena itu, al-Hasan al-Bashri mengatakan, perbanyaklah istighfar di rumah-rumah, hidangan-hidangan makanan, jalan-jalan, pasar dan di majlis-majlis kalian, serta di manapun kalian berada, karena kalian tidak mengetahui kapan ampunan Allah itu turun.11
Faktor ketiga, yaitu tauhid.
Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Nabi ﷺ :
(Wahai, anak Adam! Seandainya engkau menemui-Ku dengan membawa sepenuh bumi kesalahan, kemudian menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan Aku sedikit pun, tentulah Aku akan memberikan pengampunan sepenuh bumi).
Syaikh ‘Utsman bin ‘Abdul-’Azîz bin Manshûr mengatakan, telah jelas bagimu dengan hadits ini, bahwa di antara faktor penyebab ampunan Allah سبحانه وتعالى , yaitu memurnikan tauhid dari kesyirikan, dan inilah faktor yang paling agung dalam pengampunan dosa. Barang siapa yang kehilangan faktor penyebab ini, maka ia kehilangan ampunan. Dan barang siapa yang memilikinya, maka ia telah memiliki faktor yang agung bagi pengampunan dosanya.
Allah سبحانه وتعالى berfirman:
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. (Qs an-Nisâ‘/4:48).
Oleh karena itu, hadits ini secara jelas menerangkan bahwa seorang muwahhid yang melakukan perbuatan dosa hampir memenuhi bumi, maka Allah سبحانه وتعالى akan menjumpainya dengan memberikan ampunan sebesar hampir sepenuh bumi juga. Namun ampunan ini dengan kehendak Allah سبحانه وتعالى . Apabila Allah سبحانه وتعالى menghendakinya, maka akan mengampuninya. Begitu pula jika Allah سبحانه وتعالى ingin, maka akan menyiksanya disebabkan oleh dosa- dosanya. Kemudian akhirnya ia tidak kekal di neraka, bahkan akan keluar darinya dan masuk surga. 12
Ibnu Rajab رحمه الله mengatakan: “Apabila tauhid seorang hamba dan keikhlasannya kepada Allah telah sempurna, dan ia melaksanakan semua syarat-syaratnya dengan hati, lisan dan anggota tubuhnya, atau dengan hati dan lisannya ketika menjelang kematian, maka hal itu menjadi penyebab ampunan (Allah) terhadap semua dosa-dosanya yang telah lalu dan mencegahnya masuk neraka. Barang siapa yang hatinya terwujud dengan kalimat tauhid, maka kalimat tersebut akan mengeluarkan obyek apapun selain Allah dari dirinya dalam masalah yang berkait dengan kecintaan, pengagungan, penghormatan, rasa segan, takut dan tawakkal. Ketika itu dosa-dosa dan kesalahannya terhapuskan, walaupun seperti buih lautan”.13
Pernyataan Rasulullah ﷺ لَقِيْتَنِيْ لَا تُشْرِكُ بِيْ شَيْئًاmerupakan syarat berat dalam janji mendapatkan ampunan. Yaitu selamat dari kesyirikan, baik banyak maupun sedikit, besar maupun kecil. Tidaklah selamat dari perbuatan syirik itu, kecuali orang yang Allah سبحانه وتعالى selamatkan, dan itulah hati yang bersih, sebagaimana firman Allah سبحانه وتعالى , yang artinya: (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih, (Qs asy-Syu’ara/26:88-89).14
Ibnul Qayyim رحمه الله menjelaskan pengertian hadits ini, bahwa orang-orang yang bertauhid murni -tidak mencampurkannya dengan kesyirikan- (ia) dimaafkan dalam hal-hal yang tidak dimaafkan bagi selain mereka. Seandainya seorang muwahhid – yang sama sekali tidak menyekutukan Allah – menemui Rabbnya dengan membawa hampir sepenuh bumi kesalahan, maka Allah سبحانه وتعالى akan memberikan ampunan sebesar itu juga, dan ini tidak didapatkan oleh orang yang tauhidnya kurang. Karena tauhid sejati tanpa tercampur dengan kesyirikan, tidak akan menyisakan dosa. Sebab tauhid tersebut berisikan kecintaan, penghormatan, pengagungan, rasa takut dan harapan kepada Allah سبحانه وتعالى yang menjadikanya bersih dari dosa-dosa walaupun sebesar hampir sepenuh bumi.15
Dari uraian tentang hadits ini, menunjukkan bahwa pahala tauhid itu sangat besar. Begitu pula Allah سبحانه وتعالى memiliki keluasan sifat dermawan dan rahmat-Nya kepada para hamba-Nya. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita memperhatikan perkara tauhid ini dan tidak meremehkannya.
Semoga Allah سبحانه وتعالى memberikan taufik-Nya kepada kita, dan menjadikan diri kita sebagai hamba-hambaNya yang bertauhid sejati. Wallahu a’lam.
Maraji‘:
- An-Nubadz al-Mustathâbah fil-Da’wah al-Mustajabah, Syaikh Salim bin ‘Id al-Hilali, tanpa cetakan dan tahun, Dar Ibnul-Jauzi.
- Fathul-Hamîd fî Syarh at-Tauhîd, ‘Utsmân bin ‘Abdul- ’Azîz bin Manshûr at-Tamîmi, Tahqiq: Sa’ud bin ‘Abdil- ’Aziz al-’Arifi dan Husain bin Julai’ib as-Sâ’idi, Cetakan Pertama, Tahun 1425 H, Dar ‘lam al-Fawâ`id, Mekkah.
- Fathul-Majid li Syarhi Kitâb at-Tauhîd, Syaikh ‘AbdurRahmân bin Hasan ‘Alu Syaikh, Tahqiq: al-Walid bin ‘Abdur-Rahmân bin Muhammad ‘Alu Fariyân, Cetakan Kedua, Tahun 1417 H, Dar ash-Shumai’i, Riyadh.
- Silsilah al-Ahâdîts al-Shahîhah.
- Syarhu ‘Aqîdah ath-Thahâwiyah, Ibnu ‘Abil ‘Izz, Tahqiq: Syu’aib al-Arnauth, Cetakan Kedua, Tahun 1413H, Muassasah ar-Risalah.
- Tuhfatul-Ahwadzi bi Syarhi Jâmi’ at-Tirmidzi, Syaikh Muhammad ‘Abdur-Rahmân bin Abdur-Rahîm al-Mubarakfûri, Cetakan Pertama, Tahun 1419 H, Dar Ihya`ut-Turats al-’Arabi.
Footnote:
1 Lihat takhrîj Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albâni dalam Silsilah al-Ahâdits ash-Shahîhah, hadits no. 127 (1/250). Juga takhrij Syaikh al-Walid ‘Alu Fariyân atas kitab Fathul-Majîd (1/149).
2 Menurut Ibnu Hajar dalam kitab at-Taqrib, derajat maqbul sejajar dengan perawi majhûl-hâl, yang riwayatnya ditolak, bila tidak ada yang menguatkannya.
3 Diambil dari Tuhfatul-Ahwadzi bi Syarhi Jâmi’ at-Tirmidzi (9/488).
4 HR at-Tirmidzi, dan dishahihkan oleh Syaikh Salim bin ‘Id al-Hilali dalam Shahîh Kitab al-Adzkâr wa Dha’îfuhu dan kitab an-Nubadz al-Mustathâbah fid-Da’wah al-Mustajâbah, hlm. 16.
5 HR Ahmad dalam Musnad-nya (3/18), dan dishahihkan Syu’aib al-Arnauth dalam tahqiqnya atas kitab Syarhu ‘Aqidah ath-Thahâwiyah, hlm. 682.
6 HR Muslim, kitab al-Dzikr wad-Du’a wat-Taubah wal-Istighfâr, Bab: al-’Azm bid-Du’a, no. 4838.
7 HR Ahmad dalam Musnad-nya (3/238) dan dishahihkan Syaikh al-Albâni dalam Silsilah al-Ahâdits al-Shahîhah, no. 1951.
8 Lihat Majmu’ Fatâwâ, Ibnu Taimiyyah (10/317).
9 HR Abu Dawud no. 1517, at-Tirmidzi no. 3577, dan dishahihkan Syaikh al-Albâni dalam Silsilah al-Ahâdits al-Shahîhah, no. 2727.
10 HR Ahmad dalam Musnad-nya 2/21, Abu Dawud dan at-Tirmidzi, dan dishahihkan Syaikh al-Albâni dalam Silsilah al-Ahâdits al-Shahîhah, no. 556
11 Diriwayatkan al-Baihaqi dalam Syu’abul-Imân. Dinukil dari kitab Fathul-Hamid fî Syarh at-Tauhîd, karya ‘Utsmân bin ‘Abdul- ’Azîz at-Tamîmi (1/298).
12 Fathul-Hamid fî Syarh at-Tauhid, karya ‘Utsman bin ‘Abdul-’Aziz at-Tamimi (1/300).
13 Diringkas dari kitab Fathul-Majid, lihat 1/151.
14 Bada‘i al-Fawa‘id, Ibnul-Qayyim (2/133).
15 Dinukil Syaikh ‘Abdur-Rahman ‘Alu Syaikh dalam Fathul-Majid (1/151-152).
Majalah As-Sunnah Edisi 09/Tahun XI/1428H/2007M
No comment yet, add your voice below!